Training ISO 10004:2018 – Pemantauan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Pengantar
Training Pemantauan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Berdasarkan SNI ISO 10004:2018 – Membangun sebuah bisnis dengan jangka panjang untuk memberikan keuntungan dan keberhasilan merupakan suatu hal yang diharapkan para pengusaha. Namun ada beberapa faktor pendukung penting seperti modal, karyawan dengan skill terbaik dan tentunya tak lepas dari konsumen atau pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat penting untuk membangun bisnis lebih maju untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Pelanggan yang puas diharapkan dapat melakukan perulangan transaksi (repeat order), membawa “cerita” positif bagi produk (barang dan jasa) bahkan merekomendasikan sebuah produk tersebut kepada kerabatnya. Dengan kata lain, kepuasan pelanggan tentu berdampak pada peningkatan penjualan dan laba. Sebaliknya, pelanggan yang tidak puas merupakan awal masalah bagi perusahaan. Pelanggan yang tidak puas kemungkinan besarnya tidak akan kembali melakukan transaksi, apalagi merekomendasikan produk kepada kerabatnya.
Hal utama yang perlu diperhatikan bagi perusahaan adalah kepuasaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan dan service atau pelayanan yang diberikan. Karena kepuasan konsumen dapat menjadi tolak ukur keberhasilan fungsi produksi dan pelayanan. Sehingga perusahaan mampu bersaing dan bertahan dengan para kompetitor yang semakin lama semakin berkembang dan meningkat. Peningkatan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan, yang hasilnya merupakan input sebagai upaya perbaikan bagi perusahaan. Bagi instansi pemerintah, terdapat PERMENPANRB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat yang memberikan panduan serta pedoman secara komprehensif bagaimana melakukan pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan. Bersama dengan SNI ISO 10004:2018, regulasi teknis dari KEMENPANRB tersebut dapat dijadikan acuan dalam rangka memastikan bahwa instansi pemerintah dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai pelanggannya.
Training Pemantauan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Berdasarkan SNI ISO 10004:2018 akan membahas mengenai bagaimana mengukur dan memantau tingkat kepuasan pelanggan dengan metode dan tools yang aplikatif untuk mengukur dan mengolah data kepuasan pelanggan terhadap produk yang perusahaan berikan kepada pelanggan. Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan mampu mengaplikasikan tools tersebut, melakukan analisis dan membuat laporan pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan. Secara umum, standard SNI ISO 10004:2018 dapat digunakan sebagai panduan (guidance) untuk mengimplementasikan pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan dalam penerapan ISO 9001, ISO/IEC 17025, ISO/IEC 17043, ISO/IEC 17024, ISO 15189, ISO/IEC 17020, ISO/IEC 17065 dan berbagai sistem manajemen mutu lainnya yang berfokus pada pemenuhan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Training SNI ISO 10004:2018 ini sangat direkomendasikan untuk diikuti karena dikemas secara menarik dengan kombinasi teori, praktek dan workshop yang akan membekali peserta dengan pemahaman dan keterampilan dalam pengorganisasian survei kepuasan pelanggan, pengolahan dan analisis data secara statistika.
Tujuan
Memahami konsep kepuasan pelanggan dan peningkatan kualitas
Memahami persyaratan pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan sesuai ISO 10004:2018
Menggunakan metode untuk pengukuran peningkatan kepuasan pelanggan
Mengaplikasikan metode pengukuran kepuasan pelanggan di perusahaan
Memahami cara membuat prosedur terdokumentasi survei kepuasan masyarakat secara online
Materi Training
Konsep kualitas dalam industri manufaktur dan jasa
Quality improvement technique
Konsep kepuasan pelanggan dan pemicunya
Persyaratan pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan sesuai SNI ISO 10004:2018
Rancangan survei kepuasan pelanggan
Pembuatan dan validasi kuesioner
Pengolahan dan analisis data secara statistika (F-test, t-test, anova, pareto analysis, regresi dan korelasi)
Pelaporan hasil survei kepuasan pelanggan dan identifikasi prioritas perbaikan
Prosedur terdokumentasi survei kepuasan pelanggan
Studi kasus dan praktek: pembuatan kuesioner, validasi, analisis dan pengolahan data secara statistika serta pelaporan hasil pemantauan dan pengukuran kepuasan pelanggan
Studi kasus untuk instansi pemerintah: PERMENPANRB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat
Peserta Training
Semua karyawan, engineering, quality control, maintenance, production dan departmen lain yang terkait dengan kepuasan pelanggan dan quality improvement.
Metode
Disampaikan dengan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep teoritical, contoh aplikasi, dan diskusi interaktif.
Instruktur Ahli
Associated Trainer Penjuru (PP3FG)
Training Fee Offline (tidak termasuk akomodasi dan penginapan)
Rp 4.500.000,-/peserta
Rp 4.000.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)
Fasilitas Training Offline
Modul training, training kit, tempat training yang nyaman di hotel, makan siang, coffee/tea break, sertifikat.
Durasi Offline
2 Hari (Efektif 14 Jam 09.00-16.00)
Training Fee Online (menggunakan Zoom Meeting)
Rp 2.000.000,-/peserta
Rp 1.500.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)
Fasilitas Training Online
E-modul Training dan Sertifikat (hard-printed dan dikirimkan melalui jasa pengiriman)
Informasi dan Promo Menarik (Public, Inhouse dan Request Training)
⇒ 0821 2312 2274 (call & WA) ⇐
Jadwal Offline
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 10 - 11 Oktober 2024, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 14 – 15 November 2024, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 12 - 13 Desmber 2024, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 8 - 9 Januari 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 Februari 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 Maret 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 3 - 4 April 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 8 - 9 Mei 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 4 - 5 Juni 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 3 - 4 Juli 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 7 - 8 Agustus 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 2 - 3 Oktober 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 November 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 4 - 5 Desember 2025, di Bandung
Jadwal Online
Hari Senin - Selasa, Tanggal 6 - 7 Januari 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Februari 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Maret 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 6 - 7 Januari 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Februari 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Maret 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 5 - 6 Mei 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 2 - 3 Juni 2025, di Jakarta
Hari Selasa - Rabu, Tanggal 1 - 2 Juli 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 4 - 5 Agustus 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 1 - 2 September 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 November 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 1 - 2 Desember 2025, di Bandung