Training ISO 10002:2018 – Manajemen Mutu Kepuasan Pelanggan
Pengantar
Training ISO 10002:2018 – Awareness Complaint Management System – Komplain pelanggan merupakan feedback yang diberikan oleh pelanggan dalam bentuk keluhan kepada perusahaan akibat rasa kurang puas terhadap jasa atau produk yang digunakannya. Secara umum, ada banyak jenis dari komplain pelanggan yang sering terjadi, mulai dari produk atau jasa hingga tentang pelayanan. Keluhan pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan pasti pernah menghadapi keluhan dari pelanggannya, baik itu terkait produk, layanan, maupun pengalaman yang kurang memuaskan. Sehingga keluhan pelanggan dapat menjadi tanda bahwa ada kebutuhan atau harapan yang belum terpenuhi.
ISO 10002:2018 adalah Standar Internasional terbaru yang berisi guidelines untuk proses penanganan keluhan yang berhubungan dengan produk dan jasa dari suatu lembaga/perusahaan. Standar ini mencakup perencanaan, desain, pengembangan, operasional, sampai ke perbaikan dan perawatan dari proses penanganan keluhan pelanggan. Untuk itu, sangatlah penting bagi suatu perusahaan untuk mempelajari tentang ISO 10002:2018 ini.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kepada peserta dengan pengetahuan terperinci tentang Sistem Manajemen Keluhan Pelanggan sesuai ISO 10002:2018. Pelanggan berharap semakin banyak dari layanan yang Anda berikan memenuhi harapan mereka. Anda juga dapat menggunakan ISO 10002:2018, standar internasional ini untuk manajemen kepuasan pelanggan. Standar ini memberi Anda panduan untuk menerapkan sistem manajemen pengaduan, membantu Anda mengidentifikasi pengaduan, penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya. ISO 10002:2018 juga akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi area dalam bisnis Anda di mana Anda dapat meningkatkan dan akhirnya menghilangkan penyebab keluhan. Standar ini juga menguraikan kontrol dan proses manajemen yang membantu Anda menangani keluhan pelanggan secara lebih efektif dan efisien dan memastikan bahwa lebih banyak pelanggan puas dengan layanan yang Anda berikan.
Manfaat Training
Memahami prinsip efisiensi operasional untuk mengidentifikasi tren dan penyebab keluhan pelanggan.
Memahami cara mengatasi lebih banyak keluhan dengan mengadopsi pendekatan yang lebih berfokus pada pelanggan.
Memahami cara melibatkan staf dengan peluang pelatihan layanan pelanggan baru.
Memahami cara menngintegrasikan ISO 10002 dengan ISO 9001 ataupun sistem manajemen mutu lainnya untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.
Memahami cara memantau dan meningkatkan proses penanganan pengaduan Anda.
Materi
Pengenalan manajemen kepuasan pelanggan dan penanganan keluhan.
Pengenalan konsep dasar dan terminologi dalam manajemen kepuasan pelanggan dan penanganan keluhan.
Pengenalan ISO 10002:2018.
Manfaat penerapan ISO 10002:2018.
Prinsip-prinsip penanganan keluhan pelanggan berbasis ISO 10002:2018.
Interpretasi persyaratan-persyaratan ISO 10002:2018.
Langkah-langkah penerapan ISO 10002:2018.
Integrasi ISO 10002:2018 dengan sistem manajemen mutu lainnya (ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 17025:2017).
Pemantauan dan peningkatan kepuasan pelanggan terhadap praktek penanganan keluhan pelanggan berbasis survei kepuasan pelanggan.
Peserta yang direkomendasikan
Internal Quality Auditor atau orang yang disiapkan untuk menjadi Internal Auditor, Management Representatives, ISO team, HRD, Training and Development, dan setiap pihak yang berkaitan dengan penanganan keluhan pelanggan.
Peserta Training ISO/TS 16949
Manajer, Suvervisor Produksi, Staf Produksi
Metode
Disampaikan dengan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep teoritical, contoh aplikasi, dan diskusi interaktif.
Instruktur Ahli
Associated Trainer Penjuru (PP3FG)
Training Fee Offline (tidak termasuk akomodasi dan penginapan)
Rp 4.500.000,-/peserta
Rp 4.000.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)
Fasilitas Training Offline
Modul training, training kit, tempat training yang nyaman di hotel, makan siang, coffee/tea break, sertifikat.
Durasi Offline
2 Hari (Efektif 14 Jam 09.00-16.00)
Training Fee Online (menggunakan Zoom Meeting)
Rp 2.000.000,-/peserta
Rp 1.500.000,-/peserta (Pendaftaran minimal 3 orang/lebih)
Fasilitas Training Online
E-modul Training dan Sertifikat (hard-printed dan dikirimkan melalui jasa pengiriman)
Informasi dan Promo Menarik (Public, Inhouse dan Request Training)
⇒ 0821 2312 2274 (call & WA) ⇐
Jadwal Offline
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 10 - 11 Oktober 2024, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 14 – 15 November 2024, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 12 - 13 Desmber 2024, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 8 - 9 Januari 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 Februari 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 Maret 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 3 - 4 April 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 8 - 9 Mei 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 4 - 5 Juni 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 3 - 4 Juli 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 7 - 8 Agustus 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 2 - 3 Oktober 2025, di Bandung
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 6 - 7 November 2025, di Jakarta
Hari Kamis - Jum'at, Tanggal 4 - 5 Desember 2025, di Bandung
Jadwal Online
Hari Senin - Selasa, Tanggal 6 - 7 Januari 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Februari 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Maret 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 6 - 7 Januari 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Februari 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 Maret 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 5 - 6 Mei 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 2 - 3 Juni 2025, di Jakarta
Hari Selasa - Rabu, Tanggal 1 - 2 Juli 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 4 - 5 Agustus 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 1 - 2 September 2025, di Bandung
Hari Senin - Selasa, Tanggal 3 - 4 November 2025, di Jakarta
Hari Senin - Selasa, Tanggal 1 - 2 Desember 2025, di Bandung